OKEZONE: TAK MAU TENAGA HABIS SAAT SEPEDAAN? INI MAKANAN YANG HARUS DIKONSUMSI

OKEZONE: TAK MAU TENAGA HABIS SAAT SEPEDAAN? INI MAKANAN YANG HARUS DIKONSUMSI

OLAHRAGA sepeda sedang banyak digemari oleh masyarakat. Bersepeda merupakan aktivitas yang banyak memerlukan tenaga, oleh karena itu kita harus melengkapi diri kita dengan asupan air minum dan energi yang cukup.

Clinical Dietitian & Sport Nutritionist Strive Indonesia Emilia E. Achmadi MS., RDN mengatakan, sebelum melakukan aktivitas olahraga, sebaiknya mengonsumsi makanan yang praktis dengan kandungan gula alami yang tepat dengan nilai glikemik yang ideal.

"Sehingga, tidak hanya mengenyangkan tetapi dapat mempertahankan kekuatan selama berolahraga dan tidak mudah habis tenaga, contohnya oat, kurma, dan pisang," tutur dia seperti dilansir dari keterangan Decathlon.

"Apabila kita merasa lapar saat sedang bersepeda, hindari mengonsumsi makanan berat dan berkadar gula/kadar glikemik terlalu tinggi karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dan sugar crash,” tambahnya.

Di samping memahami asupan gizi yang tepat untuk menunjang kegiatan olahraga sepeda, kita juga harus memahami teknik pemanasan yang tepat untuk menghindari cedera serta perlengkapan apa saja yang harus kita butuhkan untuk menunjang keamanan kita ketika bersepeda.

Mantan atlet Balap Sepeda Nasional, Arga Budirahman, menjelaskan sebelum memulai aktivitas bersepeda, sebaiknya melakukan pemanasan dari mulai stretching statis, stretching dinamis, menaikan detak jantung secara bertahap, dan tidak lupa menjajal dan memastikan kondisi sepeda dalam keadaan yang prima.

"Hal ini untuk mencegah terjadinya cedera pada saat bersepeda, seperti kram pada bagian otot tertentu, atau bahkan cedera berat seperti fatigue muscle dan sore muscle,” katanya.

Di samping itu, Arga menambahkan bahwa perlengkapan sepeda seperti helm, kaca mata, jersey dan bike pants yang sesuai peruntukannya juga dapat memastikan keamanan kita, terlebih apabila kita berkendara di jalan raya. Tidak lupa tentunya selama masa pandemi ini untuk selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak ketika kita sedang bersepeda.

Back to blog